Monday, March 4, 2019

Hadis-Hadis tentang Terbukanya Dinding Ya’jȗj dan Ma’jȗj


1.    Hadis-Hadis tentang Terbukanya Dinding Ya’jȗj dan Ma’jȗj
a.    Deskripsi hadis
Hadis tentang hal ini datang dalam bentuk tiga jalur, dua jalur di antaranya berasal dari sahabiyat yang sama yaitu Zainab binti jahsiy dan satu lagi berasal dari jalur Abu Hurairah. Jalur Zainab binti Jahsiy ada yang menjelaskan bahwa dinding tersebut terbuka secara umum tanpa adanya penjelasan ukuran terbukanya, seperti berikut:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ أَنَّ زَيْنَبَ ابْنَةَ أَبِى سَلَمَةَ حَدَّثَتْهُ عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ بِنْتِ أَبِى سُفْيَانَ عَنْ زَيْنَبَ ابْنَةِ جَحْشٍ - رضى الله عنهن أَنَّ النَّبِىَّ - صلى الله عليه وسلم - دَخَلَ عَلَيْهَا فَزِعًا يَقُولُ « لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ » . وَحَلَّقَ بِإِصْبَعِهِ الإِبْهَامِ وَالَّتِى تَلِيهَا . قَالَتْ زَيْنَبُ ابْنَةُ جَحْشٍ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ قَالَ « نَعَمْ ، إِذَا كَثُرَ الْخُبْثُ »[1]

Artinya:”Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami, al-Laits telah menceritakan kepada kami, dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Al-Zubair bahwa Zainab binti Abu Salamah bercerita kepadanya dari Ummu Habibah binti Abu Sufyan dari Zainab binti Jahsy Ra bahwa Nabi Saw. datang kepadanya dengan gemetar sambil berkata: "Lȃ Ilȃha illa Allah, celakalah bangsa Arab karena keburukan yang telah dekat, hari ini telah dibuka benteng Ya'juj dan Ma'juj seperti ini". Beliau memberi isyarat dengan mendekatkan telunjuknya dengan jari sebelahnya. Zainab binti Jahsy berkata, Aku bertanya:"Wahai Rasulullah, apakah kita akan binasa sedangkan di tengah-tengah kita banyak orang-orang yang shalih?". Beliau menjawab: "Ya, benar jika keburukan telah merajalela".

Hadis di atas diriwayatkan oleh al-Bukhariy, dan pada jalur lain juga didapati adanya ukuran terbukanya dinding tersebut, seperti hadis berikut:
حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ أَنَّهُ سَمِعَ الزُّهْرِىَّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ عَنْ زَيْنَبَ ابْنَةِ جَحْشٍ - رضى الله عنهن - أَنَّهَا قَالَتِ اسْتَيْقَظَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - مِنَ النَّوْمِ مُحْمَرًّا وَجْهُهُ يَقُولُ « لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ ، فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَاجُوجَ وَمَاجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ » . وَعَقَدَ سُفْيَانُ تِسْعِينَ أَوْ مِائَةً . قِيلَ أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ قَالَ « نَعَمْ ، إِذَا كَثُرَ الْخَبَثُ »[2]

Artinya:”Malik bin Ismail telah menceritakan kepada kami, Ibnu ‘Uyainah telah menceritakan kepada kami bahwasannya ia mendengar Al-Zuhriy dari 'Urwah dari Zainab binti Ummu Salamah dari Ummu Habibah dari Zainab binti Jahsiy Ra, ia berkata:”Nabi Saw. bangun tidur dalam keadaan wajahnya memerah seraya mengucapkan: "lȃ-Ilȃha-illa Allȃh, celaka bangsa arab karena keburukan yang telah dekat, hari ini telah dibuka benteng Ya'juj dan Ma'juj seperti ini"-Sufyan menyatakan secara pasti jumlahnya yaitu sembilan puluh atau seratus- maka beliau di tanya; 'Apakah kita juga akan binasa sedang diantara kita masih ada orang-orang yang shalih? ' Nabi menjawab; "Iya, jika kejahatan telah mewabah."

Selain imam al-Bukhariy, hadis di atas juga diriwayatkan oleh Muslim, al-Tirmiziy, Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal. Semuanya sama-sama berasal dari rawi a’la yang sama yaitu Zainab binti Jahsiy.
Pada jalur ketiga yang datang dari Abu Hurairah yang juga menyatakan ukuran terbukanya dinding tersebut, seperti hadis berikut:
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا ابْنُ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ - رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « فَتَحَ اللَّهُ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلَ هَذَا » . وَعَقَدَ بِيَدِهِ تِسْعِينَ[3]            

Artinya:”Muslim bin Ibrahim telah bercerita kepada kami, Wuhaib telah menceritakan kepada kami, Ibnu Thawus telah menceritakan kepada kami dari bapaknya dari Abu Hurairah Ra. dari Nabi Saw. bersabda:"Allah membuka benteng Ya'juj dan Ma'juj seperti ini". Beliau mengilustrasikannya dengan tangan Beliau yang maksudnya sembilan puluh.

Setelah melakukan penelusuran kepada kita-kitab hadis, selain imam al-Bukhariy, hadis di atas juga diriwayatkan oleh Muslim, dan Ahmad bin Hanbal.
Berdasarkan hadis di atas didapati adanya beberapa perbedaan, yaitu pertama perbedaan dari segi ‘adad” (ukuran terbukanya dinding tersebut), dan kedua perbedaan dari segi orang yang menyatakannya “ȃqid”, yang pertama dari Sufyan dengan menyatakan ukuran terbukanya dinding tersebut dengan melingkarkan jarinya membentuk angka sepuluh, dan pada jalur Abu Hurairah dari Wuhaib dengan membentuk angka sembilan puluh.
Imam al-Nawawiy menyatakan bahwa jalur yang datang Zainab binti Jahsiy yang diriwayatkan oleh Yunus dan Sufyan adalah mempunyai kesamaan dalam hal makna dan tidak adanya perbedaan di sana.[4] Adapun jalur Abu Hurairah menyalahi kedua riwayat tersebut, karena bentuk lingkaran sepuluh lebih sempit dari sembilan.[5] Al-Qadhiy berkata”kemungkinan hadis Abu Hurairah lebih dahulu dari pada hadis Zainab binti Jahsiy, maka seiring berjalannya waktu ukuran semakin bertambah”.[6]
          Adapun ranji sanad hadis dari setiap hadis tersebut adalah sebagai berikut:
-Ranji untuk hadis dengan rawi a’la Zainab binti Jahziy










رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
ابن شهاب الزهري
عقيل
الليث
يحيى ين بكير
البخاري
محمد ين أبي عتيق
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
البخاري
أخي
إسماعيل
سليمان
ابن شهاب الزهري
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
ابن عيينة
مالك بن إسماعيل
البخاري
ابن شهاب الزهري
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
ابن شهاب الزهري
شعيب
أبو اليمان
البخاري
 






















الترمذي
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
ابن شهاب الزهري
سفيان بن عيينة
عمرو الناقد
حرملة بن يحيى
زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
رسول الله

أبو بكر بن نافع
سعيد بن عبد الرحمن
زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب بنت أبي سلمة
عروة بن الزبير
ابن شهاب الزهري
رسول الله

زينب ابنة أم سلمة
عروة
الزهري
أبو بكر بن أبي شيبة
الزهري
أبي
أحمد بن حنبل
صالح
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
حبيبة
زينب ابنة أم سلمة
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب ابنة أم سلمة

الزهري

رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
زينب ابنة أم سلمة

عروة بن الزبير

ابن شهاب الزهري
ابن إسحاق
أبي
يعقوب
أحمد بن حنبل
يعقوب
أحمد بن حنبل
عروة
سفيان بن عيينة
رسول الله

زينب بنت جحشي

أم حبيبة
حبيبة
سفيان بن عيينة
مسلم
ابن شهاب الزهري
يونس
ابن وهب
مسلم
ابن ماجة
 














































-Ranji untuk hadis dengan rawi a’la Abu Hurairah:
رسول الله

أبو هريرة
أبيه
عبد الله ابن طاوس
وهيب
أبو بكر بن أبي شيبة
مسلم
البخاري
موسى بن إسماعيل
البخاري
رسول الله

أبو هريرة
أبيه
 عبد الله ابن طاوس
وهيب
عفان
رسول الله

أبو هريرة
أبيه
 ابن طاوس
وهيب
أحمد بن حنبل
يحيى بن إسحاق
أحمد بن حنبل
رسول الله

أبو هريرة
أبيه
ابن طاوس
وهيب
مسلم بن إبراهيم
رسول الله

أبو هريرة
أبيه
ابن طاوس
وهيب
أحمد بن إسحاق
 























[1]Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ismȃ’ȋl al-Bukhȃriy, Op. Cit., h. 649-650. Kitab: Ahȃdȋs al-Anbiyȃ’, Bab: Qisshah Ya’jȗj wa Ma’jȗj fȋ Qaulillȃhi Ta’ȃlȃ:”Qȃlȗ yȃ Dzalqarnain”, Hadis no. 4446
[2]Ibid, h. 1350,. Kitab: al-Fitan, Bab: Qaul al-Nabi “Wail li al-‘Arabiy min Syarri qad Iqtaraba”, Hadis no. 7059.
[3] Ibid, h. 640. Hadis no. 3347
[4] Mahy al-Dȋn Yahya bin Syarf bin Marȃ bin Hasan bin Husain bin Hizȃm al-Nawȃwiy, Op. Cit., juz. 18, h. 2.
[5]Ibid
[6]Ibid

No comments:

Post a Comment