1. Hadis-Hadis
tentang Terbukanya Dinding Ya’jȗj dan Ma’jȗj
a.
Deskripsi hadis
Hadis tentang hal ini datang dalam bentuk tiga
jalur, dua jalur di antaranya berasal dari sahabiyat yang sama yaitu
Zainab binti jahsiy dan satu lagi berasal dari jalur Abu Hurairah. Jalur Zainab
binti Jahsiy ada yang menjelaskan bahwa dinding tersebut terbuka secara umum
tanpa adanya penjelasan ukuran terbukanya, seperti berikut:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا
اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ أَنَّ
زَيْنَبَ ابْنَةَ أَبِى سَلَمَةَ حَدَّثَتْهُ عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ بِنْتِ أَبِى
سُفْيَانَ عَنْ زَيْنَبَ ابْنَةِ جَحْشٍ - رضى الله عنهن أَنَّ النَّبِىَّ - صلى
الله عليه وسلم - دَخَلَ عَلَيْهَا فَزِعًا يَقُولُ « لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ،
وَيْلٌ لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ
وَمَأْجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ » . وَحَلَّقَ بِإِصْبَعِهِ الإِبْهَامِ وَالَّتِى
تَلِيهَا . قَالَتْ زَيْنَبُ ابْنَةُ جَحْشٍ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ
أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ قَالَ « نَعَمْ ، إِذَا كَثُرَ الْخُبْثُ »[1]
Artinya:”Yahya bin
Bukair telah menceritakan kepada kami, al-Laits telah menceritakan kepada kami,
dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bin Al-Zubair bahwa Zainab binti Abu
Salamah bercerita kepadanya dari Ummu Habibah binti Abu Sufyan dari Zainab
binti Jahsy Ra bahwa Nabi Saw. datang kepadanya dengan gemetar sambil berkata:
"Lȃ Ilȃha illa Allah, celakalah bangsa Arab karena keburukan yang telah
dekat, hari ini telah dibuka benteng Ya'juj dan Ma'juj seperti ini".
Beliau memberi isyarat dengan mendekatkan telunjuknya dengan jari sebelahnya.
Zainab binti Jahsy berkata, Aku bertanya:"Wahai Rasulullah, apakah kita
akan binasa sedangkan di tengah-tengah kita banyak orang-orang yang
shalih?". Beliau menjawab: "Ya, benar jika keburukan telah
merajalela".
Hadis di atas diriwayatkan oleh al-Bukhariy,
dan pada jalur lain juga didapati adanya ukuran terbukanya dinding tersebut,
seperti hadis berikut:
حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا
ابْنُ عُيَيْنَةَ أَنَّهُ سَمِعَ الزُّهْرِىَّ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ
أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ عَنْ زَيْنَبَ ابْنَةِ جَحْشٍ - رضى الله
عنهن - أَنَّهَا قَالَتِ اسْتَيْقَظَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - مِنَ
النَّوْمِ مُحْمَرًّا وَجْهُهُ يَقُولُ « لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَيْلٌ
لِلْعَرَبِ مِنْ شَرٍّ قَدِ اقْتَرَبَ ، فُتِحَ الْيَوْمَ مِنْ رَدْمِ يَاجُوجَ
وَمَاجُوجَ مِثْلُ هَذِهِ » . وَعَقَدَ سُفْيَانُ تِسْعِينَ أَوْ مِائَةً . قِيلَ
أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ قَالَ « نَعَمْ ، إِذَا كَثُرَ الْخَبَثُ »[2]
Artinya:”Malik bin Ismail telah menceritakan kepada
kami, Ibnu ‘Uyainah telah menceritakan kepada kami bahwasannya ia mendengar Al-Zuhriy
dari 'Urwah dari Zainab binti Ummu Salamah dari Ummu Habibah dari Zainab binti
Jahsiy Ra, ia berkata:”Nabi Saw. bangun tidur dalam keadaan wajahnya memerah
seraya mengucapkan: "lȃ-Ilȃha-illa Allȃh, celaka bangsa arab karena
keburukan yang telah dekat, hari ini telah dibuka benteng Ya'juj dan Ma'juj
seperti ini"-Sufyan menyatakan secara pasti jumlahnya yaitu sembilan puluh
atau seratus- maka beliau di tanya; 'Apakah kita juga akan binasa sedang
diantara kita masih ada orang-orang yang shalih? ' Nabi menjawab; "Iya,
jika kejahatan telah mewabah."
Selain imam al-Bukhariy, hadis di atas juga
diriwayatkan oleh Muslim, al-Tirmiziy, Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal.
Semuanya sama-sama berasal dari rawi a’la yang sama yaitu Zainab binti
Jahsiy.
Pada jalur ketiga yang datang dari Abu
Hurairah yang juga menyatakan ukuran terbukanya dinding tersebut, seperti hadis
berikut:
حَدَّثَنَا مُسْلِمُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ
حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا ابْنُ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ
- رضى الله عنه - عَنِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ « فَتَحَ اللَّهُ
مِنْ رَدْمِ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مِثْلَ هَذَا » . وَعَقَدَ بِيَدِهِ تِسْعِينَ[3]
Artinya:”Muslim bin
Ibrahim telah bercerita kepada kami, Wuhaib telah menceritakan kepada kami,
Ibnu Thawus telah menceritakan kepada kami dari bapaknya dari Abu Hurairah Ra. dari
Nabi Saw. bersabda:"Allah membuka benteng Ya'juj dan Ma'juj seperti
ini". Beliau mengilustrasikannya dengan tangan Beliau yang maksudnya
sembilan puluh.
Setelah melakukan penelusuran kepada
kita-kitab hadis, selain imam al-Bukhariy, hadis di atas juga diriwayatkan oleh
Muslim, dan Ahmad bin Hanbal.
Berdasarkan hadis di atas didapati adanya
beberapa perbedaan, yaitu pertama perbedaan dari segi ‘adad” (ukuran
terbukanya dinding tersebut), dan kedua perbedaan dari segi orang yang
menyatakannya “ȃqid”, yang pertama dari Sufyan dengan menyatakan ukuran
terbukanya dinding tersebut dengan melingkarkan jarinya membentuk angka
sepuluh, dan pada jalur Abu Hurairah dari Wuhaib dengan membentuk angka
sembilan puluh.
Imam al-Nawawiy menyatakan bahwa jalur yang
datang Zainab binti Jahsiy yang diriwayatkan oleh Yunus dan Sufyan adalah
mempunyai kesamaan dalam hal makna dan tidak adanya perbedaan di sana.[4]
Adapun jalur Abu Hurairah menyalahi kedua riwayat tersebut, karena bentuk
lingkaran sepuluh lebih sempit dari sembilan.[5]
Al-Qadhiy berkata”kemungkinan hadis Abu Hurairah lebih dahulu dari pada hadis
Zainab binti Jahsiy, maka seiring berjalannya waktu ukuran semakin bertambah”.[6]
Adapun
ranji sanad hadis dari setiap hadis tersebut adalah sebagai berikut:
-Ranji untuk hadis dengan rawi a’la Zainab binti Jahziy
رسول الله
|
زينب بنت جحشي
|
أم حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة بن الزبير
|
ابن شهاب الزهري
|
عقيل
|
الليث
|
يحيى ين بكير
|
البخاري
|
محمد
ين أبي عتيق
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
البخاري
|
أخي
|
إسماعيل
|
سليمان
|
ابن
شهاب الزهري
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
ابن
عيينة
|
مالك
بن إسماعيل
|
البخاري
|
ابن
شهاب الزهري
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
ابن
شهاب الزهري
|
شعيب
|
أبو
اليمان
|
البخاري
|
الترمذي
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
ابن
شهاب الزهري
|
سفيان بن عيينة
|
عمرو
الناقد
|
حرملة
بن يحيى
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
رسول
الله
|
أبو
بكر بن نافع
|
سعيد
بن عبد الرحمن
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب بنت أبي سلمة
|
عروة
بن الزبير
|
ابن
شهاب الزهري
|
رسول
الله
|
زينب
ابنة أم سلمة
|
عروة
|
الزهري
|
أبو
بكر بن أبي شيبة
|
الزهري
|
أبي
|
أحمد
بن حنبل
|
صالح
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
حبيبة
|
زينب
ابنة أم سلمة
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب
ابنة أم سلمة
|
الزهري
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
زينب
ابنة أم سلمة
|
عروة بن الزبير
|
ابن
شهاب الزهري
|
ابن
إسحاق
|
أبي
|
يعقوب
|
أحمد
بن حنبل
|
يعقوب
|
أحمد
بن حنبل
|
عروة
|
سفيان
بن عيينة
|
رسول
الله
|
زينب
بنت جحشي
|
أم
حبيبة
|
حبيبة
|
سفيان بن عيينة
|
مسلم
|
ابن
شهاب الزهري
|
يونس
|
ابن
وهب
|
مسلم
|
ابن
ماجة
|
-Ranji untuk hadis dengan
rawi a’la Abu Hurairah:
رسول
الله
|
أبو
هريرة
|
أبيه
|
عبد
الله ابن طاوس
|
وهيب
|
أبو
بكر بن أبي شيبة
|
مسلم
|
البخاري
|
موسى
بن إسماعيل
|
البخاري
|
رسول
الله
|
أبو
هريرة
|
أبيه
|
عبد الله ابن طاوس
|
وهيب
|
عفان
|
رسول
الله
|
أبو
هريرة
|
أبيه
|
ابن طاوس
|
وهيب
|
أحمد
بن حنبل
|
يحيى
بن إسحاق
|
أحمد
بن حنبل
|
رسول
الله
|
أبو
هريرة
|
أبيه
|
ابن
طاوس
|
وهيب
|
مسلم
بن إبراهيم
|
رسول
الله
|
أبو
هريرة
|
أبيه
|
ابن
طاوس
|
وهيب
|
أحمد
بن إسحاق
|
[1]Abu ‘Abdillah Muhammad bin Ismȃ’ȋl al-Bukhȃriy, Op. Cit., h.
649-650. Kitab: Ahȃdȋs al-Anbiyȃ’, Bab: Qisshah Ya’jȗj wa Ma’jȗj fȋ
Qaulillȃhi Ta’ȃlȃ:”Qȃlȗ yȃ Dzalqarnain”, Hadis no. 4446
[2]Ibid, h. 1350,. Kitab: al-Fitan, Bab: Qaul al-Nabi “Wail li
al-‘Arabiy min Syarri qad Iqtaraba”, Hadis no. 7059.
[4] Mahy al-Dȋn Yahya bin Syarf bin Marȃ bin Hasan bin Husain bin Hizȃm
al-Nawȃwiy, Op. Cit., juz. 18, h. 2.
No comments:
Post a Comment