IBN ‘ASYUR DAN TAFSIR AT-TAHRÎR
WA AT-TANWÎR
A.
Nasab dan
Keturunannya.
Nama penulis
kitab at-Tahrir wa at-Tanwir Ibn Asyûr[1]
adalah Muhammad at-Thahir Ibn Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad at-Thahir Ibn
Muhammad Ibn Muhammad as-Syazily Ibn Abdul Qadir ibn Muhammad Ibn Asyûr. Dia dilahirkan oleh
Fathimah Binti as-Syaikh al-Wazir Muhammad al-Azizi Ibn Muhammad al-Habib Ibn
at-Thib Ibn Muhammad Ibn Muhammad Bu Atur. [2]
Keluarga Ibn
Asyûr pada asalnya adalah penduduk Andalusia. Muhammad Ibn Asyûr lahir sekitar
tahun 1621 M di Kota Sila Maroko. Keturunan Asyur terdiri dari keluarga yang
sangat cinta akan keilmuan, mengajarkan ilmu keislaman di
masjid-masjid.Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr dilahirkan di Mursi[3]
pada tahun 1296 H bertepatan dengan 1879 M di istana kakek dari pihak ibunya
as-Syaikh Muhammad al-Aziz bu Atur. [4]
Muhammad
at-Thahir Ibn Asyûr tumbuh di lingkungan akademisi, keluarga yang senang
menelaah kitab. Semenjak kecil dia dibimbing oleh sang ayah Muhammad (w. 1920
M), dia juga dibimbing oleh kakeknya dari pihak ibunya al-Wazir al-‘Alim
Muhammad al-Aziz Bu Atur (w. 1907). Dia muai menghafal al-Quran sewaktu berumur
enam tahun. Dia belajar membaca al-Quran dan memperdengarkan hafalannya kepada
as-Syaikh Muhammad al-Khiyary di masjid Abu Hadid al-Mujawir di kota Tunis. Setelah mengkhatamkan hafalannya dia
mulai menghafal kumpulan kitab matan, seperti Matan al-Jurumiyah di
bidang nahwu, Ibn Ayir fî fîqh al-Maliki, dan kitab lainnya.[5]
Ibn Asyûr
tinggal di lingkungan penduduk yang bermazhab maliki. Beliau sendiri
di awal belajarnya, sangat aktif mendalami fiqh mazhab Maliki. Setelah
dewasanya Ibn Asyûr menjadi seorang mufti umum mazhab Malik pada tahun 1923 H.
pada tahun 1932 H, beliau menjadi seorang Syaikh al-Islam mazhab Malikiy.
Meskipun demikian Ibn Asyûr bukanlah seorang tokoh mazhab Maliki yang ta’ashub,
beliau tetap menilai permasalahan secara objektif dengan merujuk kepada
perkataan ulama dan menilai mana di antara perkataan dan argumentasi mereka yang sesuai dengan dalil, yang sejalan dengan
dalil dia kuatkan dan mana yang bertentangan di-naqd meskipun yang dia naqd
tersebut bertentangan dengan mazhab Maliky.[6]
Setelah berumur
empat belas tahun dia melanjutkan pendidikannya di Universitas az-Zaituniyah. Rentang waktu
yang dia habiskan menuntut ilmu di Universitas ini sekitar tujuh tahunan. Di
sana ia mempelajari kitab-kitab induk yang dapat membentuk kepribadiannya, di
antaranya adalah;
Di bidang Nahwu
al-Araby, beliau mempejari kitab Alfîyah Ibn Malik lengkap dengan
kitab syarahannya, seperti at-Tahsrih Bimadhmun at-Taudhih karangan
Syaikh Khalid al-Azhary, Syarah al-Mukawwadi, dan kitab lainnya.[7]
Di bidang balaghah,
dia mengkaji kitab Aqrab al-masalik Ila Mazhab al-Imam Malik karangan
ad-Dirdir, syarah Syaikh al-Farisi terhadap kitab al-Mursyid al-Mu’in ‘ala
ad-Dharury Min ‘Ulum ad-Din karang Ibn Asyir al-Andaalusy, syarah at-Tawudy
atas kitab Tuhfat al-Hikam karangan Ibn Ashim al-Maliky.[8]
Di bidang Ushul
fiqh, beliau mentadarusi kitab Syarah al-Hithab ‘ala Waraqaat imam
al-Haramain, kitab Tankih al-Fushul karangan Syihab ad-Din
al-Qarany, Syarah al-Mahaly ‘ala Jam’u al-Jawami’ karangan as-Subky.[9]
Di bidang
mantik, beliau mendalami kitab as-Sullam fî al-Mantiq karangan Abdur
Rahman Muhammad as-Shaghir, Tahzib karangan Sa’d ad-Din at-Taftazany. Di ilmu kalam, beliau mempelajari
al-Aqaid an-nafasiah li Umar Ibn Muhammad an-Nasafy. Sedangkan kitab sejarah
yang beliau tekuni di Universitas ini adalah kitab as-Syifa karangan
al-Qadh ‘Iyadh lengkap dengan syarahnya karya Syihab ad-Din al-Khafaji.[10]
B.
Guru-guru Ibn Asyûr
Keberhasilan
seorang pelajar tidak terlepas dari peran seseorang guru. Seorang pendidik yang
senantiasa memperhatikan kualitas akademis dan kepribadian muridnya.
Memperhatikan segudang kitab yang dikaji
Ibn Asyûr sudah pasti ada sekian pribadi mulia yang mendidiknya, di
antaranya adalah;
As-Syaikh Ahmad
Badr al-Kafi, kepada beliau dia mempelajari kaidah bahasa Arab dengan
menggunakan kitab Syarah khalid al-Azhary. As-Syaikh Ahmad Jamal ad-Din[11],
Ibn Asyûr membacakan kepadanya Qatrun an-Nada dalam bidang Nahw, dan
kitab ad-Dirdir dalam bidang fiqh
al-Maliki.[12]
Syaikh Salim Bu Hajib[13],
kepada beliau Ibn Asyûr mempelajari kitab Shahih al-Bukhary dengan syarah
al-Qasthalany, dan kitab al-Muwaththa’ dengan syarahan Syaikh az-Zarqany. Syaikh
Muhammaad Shalih as-Syarif[14],
kepada beliau Ibn Asyûr mengkaji kitab syarah Khalid al-Azhary, Qathrun
an-Nada karangan Ibn Hisyam, al-Muwakkidy di bidang nahwu, as-Sullam
di bidang mantik, Mukhtashar as-Sa’d ‘ala al-Aqaid an-Nafîsah, at-Tawadi
‘ala At-Tuhfah di bidang fiqh.[15] As-Syaikh
Abdul Qadir at-Tamimy, di tangan beliau Ibn Asyûr dididik menjadi seorang
pemuda yang mahir mengaji, paham dengan tajwid, dan juga diajari beberapa qiraat,
khususnya qiraat riwayat Qalun. As-Syaikh Umar Ibn As-Syaikh, kepada
beliau Ibn Asyûr mengkaji tafsir al-Baydhawi. Syaikh Umar Ibn Asyûr, Ibn Asyûr
mendatangi beliau untuk mempelajari kitab Lamiyah al-Af’al dan
syarahannya, kitab di bidang sharf, Ta’liq ad-Dimamuny ‘ala al-Mughny karangan
Ibn Hisyam di bidang Nahw, dan kitab Mukhtashar as-Sa’d di bidang balaghah, dan
kitab ad-Durrah di bidang faraidh.[16]
As-Syaikh
Muhammad Ibn Usman an-Najjar[17],
kepada beliau Ibn Asyûr mempelajari beberapa kitab di antaranya, al-Mukawwidy
di bidang nahw, Mukhtasar as-Sa’d di bidang balaghah, al-Mawaqif fî
ilmi al-Kalam. As-Syaikh Muhammad an-Nakhly[18],
guru Ibn Asyûr yang satu ini juga mengambil andil dalam mendidik Ibn Asyûr
mengkaji kitab Qathrun an-Nada, al-Mukawwid ‘ala al-Khilashah, Muqaddimah
al-I’rab, Mukhtasar as-Sa’d, Tahzib fî al-Mantiq, Kifayatul at-Thalib ‘ala
Risalah Ibn Abi Zaid al-Qiruny. [19]
Masih banyak
selain mereka yang telah disebutkan di atas. Untuk menjadi seseorang yang pakar
di satu bidang keilmuan ada beberapa kiat yang dapat ditiru dari Ibn Asyûr ini.
Masa, beliau mulai menekuni berbagai disiplin keilmuan yang dapat mendukung
akademisnya dan juga menghabiskan waktu yang lama. Beliau juga tidak
menyukupkan belajar kepada beberapa orang guru saja.
Ibn Asyûr
menikah dengan Salilah al-Majd wa as-Syarf putri Naqib al-Asyraf Tunis Muhammad
Muhsin. Dari pernikahannya ini, beliau dikaruniai tiga orang putra dan dua
orang putri, al-Allamah Muhammad al-Fadhil Ibn Asyûr , as-Said al-Jalil Abdul
Malik, dan Zainal Abidin.[20]
C.
Murid-murid Ibn Asyur
Kelebihan yang
dimiliki Ibn Asyûr di bidang keilmuan menuntut beliau untuk menyebarkannya
kepada para pemuda yang berada di sekitarnya pada waktu itu. Keberkahan umurnya
dibuktikan dari pengabdian beliau kepada Universitas yang telah mendidik beliau
semenjak dari remajanya. Ibn Asyûr mengajar di Universitas Zaitunah dalam
rentang waktu yang cukup panjang, dia juga mengajar di sekolah as-Shadiqah. Di
antara murid beliau yang terkenal adalah putra beliau sendiri yang bernama
as-Syaikh Muhammad al-Fadhil[21]
Ibn Asyûr dan Prof. ‘Abdul Malik Ibn Asyûr.
Abu al-Hasan Ibn
Sya’ban, beliau dilahirkan pada tahun 1315 H. pakar di bidang sastra dan sangat
lihai dalam merangkai syair. Salah satu kitab yang dia pelajari dari Ibn Asyûr
adalah kitab al-Muwaththa’ Imam Malik, beliau wafat tahun 1378 H.[22]
Abdul Hamid
as-Syathy, lahir tahun 1312 H. dia
adalah salah satu pakar fiqh di Tunis, beliau menghabiskan sekitar 25 tahun
untuk mengajar di Zaitunah. Wafat pada tahun 1363 H. di antara karangan beliau
adalah Ruh at-Tarbiyah wa at-Ta’lim dan Lubab al-Faraidh.[23]
Zainal Abidin
Ibn Husain, lahir di Tunis tahun 1317 H. Beliau ini adalah saudara kandung
as-Syaikh Muhammad al-Khadr Husain. Beliau juga salah satu alumnus Zaitunah
yang di kemudian hari menetap di Dimasyq dan mengajar di sana hingga hari
kepulangannya ke hadirat Ilahi pada tahun 1377. Salah satu karya beliau adalah al-Mu’jam
fî an-Nahw wa as-sharf dan kitab al-Arba’un al-Midaniyah fî al-Hadis.[24]
Abdul Hamid Ibn
Badis. Beliau dilahirkan pada tanggal empat Desember seribu delapan ratus
delapan puluh sembilan masehi. Beliau adalah ketua perkumpulan ulama Islam di
Jazair semenjak berdirinya organisasi ini, tahun 1931 M hingga penghujung hidup
beliau.[25]
Beliau wafat pada tahun 1359 H.[26]
Muhammad Ibn
Khalifah al-Madani, lahir tahun 1307 H. dia merupakan pakar di bidang tafsir
dan fiqh. Wafat pada tahun 1378 H. karangan beliau adalah Tafsîr Surah
al-Waqi’ah, Tafsîr surat al-Fatihah, dan kitab Majmu’at Tafasîr li Ayat Mu’inah.[27]
Nama-nama yang
disebutkan di atas merupakan pemuda yang pernah dididik oleh Ibn Asyûr. Nama di
atas termasuk ke dalam daftar murid Ibn Asyûr yang berhasil di bidang akademik.
Pendidik yang berkualitas
akan
menghasilkan siswa yang berkualitas, pendidik yang besar akan menghasilkan siswa yang
besar juga.
Seperti yang
dipaparkan di atas, Ibn Asyûr tidak hanya konsentrasi pada satu bidang keilmuan
saja. Selain bahasa, balaghah dan tafsir, Ibn Asyûr juga sangat telaten dalam
menghafal hadis. Beliau sempat mendapatkan ijazah dalam meriwayatkan hadis dari
gurunya, seperti as-Syaikh Muhammad al-Aziz Bu Atur, dari as-Syaikh Muhammad
Ibn al-Khujah, dari as-Syaikh Salim Ibn Hajib , dan ijazah dari as-Syaikh Umar
Ibn Ahmad.[28]
D.
Pandangan Ulama Terhadap Ibn Asyûr
Ibn Asyûr
seorang tokoh yang sangat berpengaruh di Tunis. Dia tidak hanya mengharumkan
almamaternya, yang nantinya tempat beliau mengabdi saja. Kepakaran Ibn Asyur di
bidang tafsir telah mengharumkan namanya di dunia Islam. Karya beliau
telah tersebar ke seluruh pelosok negeri. Beliau tidak hanya menjadi teladan di
masa hidupnya, setelah kepergiannya pun masih meninggalkan kenangan dan warisan
yang sangat mulia bagi seluruh umat Islam. di antara ulama yang mengomentari
kehidupan Ibn Asyûr adalah;
وقال عنه الشيخ
محمد البشير الإبراهيمي " الاستاذ الأكبر الشيخ محمد الطاهر ابن عاشور علم من
الأعلام الذين يعدهم التاريخ الحاضر من ذخائره. فهو إمام متبحر في العلوم
الإسلامية، تخرجت عليه طبقات ممتازة في التحقيق العلمي. [29]
Muhammad al-Basyîr al-Ibrahîmy berkata tentang Ibn Asyûr; al-Ustadz
al-Akbar as-Syaikh Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr adalah seorang pakar yang hidup
di masa sekarang. Ilmu
keislamannya sangat dalam, melalui tangannya telah lahir generasi-generasi yang
kuat keilmuannya.
Syaikh Muhammad al-Basyîr
ini memuji as-Syaikh Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr berdasarkan karya beliau yang
sangat bermutu. Karya yang bermutu hanya dihasilkan dari sebuah usaha yang
sangat maksimal dan dasar keilmuan yang teruji.
وقال عنه الداعية
المصلح الشيخ محمد الغزالي هو رجل القرآن وإمام الثقافة الإسلامية المعاصرة، رجل
بدأ يتكلم عن اللغة ويتكلم بها أديبا[30]
Syaikh
Muhammad al-Ghazali berkata; Ibn Asyûr adalah tokoh al-Quran, Imam Tsaqafah
Islamiyah pada masa kini. Memulai berbicara dengan bahasa dan berbicara dengan
santun.
As-Syaikh
Muhammad al-Ghazali merasa ta’jub dengan kepribadian Ibn Asyûr. Menurut beliau Ibn
Asyûr adalah seorang yang hidup dengan al-Quran, dia Imamnya tsaqafah
al-Islamiyah pada masa ini. kepribadiannya yang santun diakui menjadi
simbol dari diri Ibn Asyûr. Ungkapan sanjungan juga diungkapkan oleh Prof. Dr.
Muhammad Abdul Mun’im Khifaji.
وبحق كان الإمام
ابن عاشور من أئمة رجال الدين، وشيوخ الإسلام متمكنا في علوم الشريعة والأدب وفي
الأصول والفروع حتى إمام عصره وشيخ دهره، وتصدر جيله وصار مقصد الناس وطالبي
الفتيا في حياته[31]
Imam Ibn Asyur
termasuk ke dalam golongan para ulama, barisan masyaikh Islam. Ibn Asyur sangat
pakar di berbagai ilmu syariat, sastra, ilmu pokok, dan ilmu pendukung.
Sehingga dia dinilai cakap mendapat gelar Imam pada masanya dan syaikh di
zamannya. Di masa hidupnya, Ibn Asyur telah menjadi pusat tujuan manusia untuk
dimintai fatwa .
Pandangan para ulama di atas
menunjukkan bentuk apresiasi kepada Ibn Asyûr. Ibn Asyûr tidak hanya dinilai pakar di bidang
tafsir, akan tetapi dia menguasai beberapa disiplin keilmuan. Hal ini bukan
berarti Ibn Asyur terlepas dari bentuk kritikan dan perbuatan keliru, dan bukan
juga kitab tafsir at-Tahrîr wa at-Tanwîr merupakan kitab tafsir terbaik di
antara kitab tafsir yang ada. Hanya saja belum ditemukannya referensi yang
menyebutkan bentuk kritikan para ulama terhadap kepribadian dan karya Ibn Asyûr.
E.
Karya Ibn Asyûr
Ibn Asyûr
seorang tokoh besar Islam yang berasal dari Tunis. Pendidikan yang telah beliau
lakoni sedari kecil telah membuahkan hasil di masa tuanya dengan mengajar di
Universitas dan sekolah. Bahkan setelah wafatnya, umat muslim yang hidup di
belakangnya masih dapat merasakan hidupnya Ibn Asyûr dengan membaca karya beliau
di berbagai disiplin keilmuan, seperti tafsir, hadis, bahasa, nahwu, balaghah,
sastra, sejarah, pendidikan agama secara umum, dan karangan lainnya. Karya
beliau ini mencapai sekitar empat puluh kitab[32], di
antaranya;
1. Karya di bidang ilmu tafsir, Tafsîr at-Tahrîr wa at-Tanwîr.
2. Karya beliau di bidang hadis, Ta’liqât wa Tahqîq ‘ala hadîs , an-Nazhru
al-Fasîh Inda Mudhâyiq al-Anzhar fî al-Jami’ as-Shahîh, kasyfu al-Mughti Min
al-Ma’âni wa al-fâzh al-Wâqiah fî al-Muwaththa’
3. Di bidang fiqh dan Ushul, Ara’ Ijtihâdiyah, al-Amaly ‘ala Mukhtashar
Khalîl, Hâsyiyah at-Taudhîh wa at-Tashhîh Limuskykilât Kitâb at-Tanqîh ‘ala
Syarh Tanqîh al-Fushul fî al-Ushûl karangan al-Farra’, al-Fatâwa, Qadhâyâ
wa Ahkâm Fîqhiyah, Maqâshîd as-Syari’ah al-Islâmiyah.
4.
Karangan beliau di bidang
ad-Dirasaat al-Islamiyah, Ushûl at-Taqaddum fî al-Islâm, Ushûl an-Nizhâm
al-Ijtima’y fî al-Islâm, alaysa as-Subhu bi Qarîb, at-Ta’lîm al-Araby
al-Islamy, Dirâsah Tarikhiyah, wa Ara’ Ishlâhiyah, Tahqîqât wa Anzhâr fî al-Kitâb
wa as-Sunnah, Naqd Kitâb al-Islâm wa Ushûl al-hikam karangan Abdul
ar-Razzaq.
5. Di bidang bahasa dan sastra, Ushul al-Insya’ wa al-Khithâbah, al-Amaly ‘ala
Dalâil al-I’jaz li al-Jurjâny, Tahqîq lisyarh al-Qarsy ‘ala Diwân al-Mutanabby,
Tahqîq wa Tashhih wa at-Ta’lîq ‘ala Kitâb al-Iqtidhab fî Syarh Adab al-Kitâb Li
Ibn as-Said al-Batlusy, Tashhîh wa Ta’lîq ‘ala Kitâb al-Intishâr li Jalinus li
Thabb Ibn Zahar, Jam’u wa Syarh Diwân Suhaym Inda Bani al-Hishas, Syarh Diwân
al-Himâsah, Gharâib al-Isti’mâl, Mujiz al-Balâghah, al-Wadih fî Musykilât Syi’r
al-Mutanabby li Abi al-Qasim al-Ashbahâny.
6. Peneltian beliau di bidang sejarah dan otobiografi, Tarâjum Ba’di
al-A’lam, Qishshah al-Maulud an-Nabawy as-Syarîf, Kitâb Tarikh Arab, Qalâid
al-‘aqyân wa Mahâsin al-A’yan li Aby Nashr al-Fath ibn Khaqan . Ibn Asyûr
juga sangat aktif menulis di majalah yang diterbitkan di negara berbeda. Di
Tunis misalkan tulisannya dimuat dalam majalah an-Bahdhah, az-Zuhrah, al-Wazîr,
al-Azhru al-Jadîd, al-Mishbâh, al-Hidâyah al-Islâmiyah. Di Kairo, tulisan-tulisan
beliau dimuat dalam majalah Mishbâh as-Syarq, Majalah al-Manâr, al-Hidâyah
al-Islâmiyah, Huda al-Islam, ar-Risâlah, Majallah Majma’ al-Lughah al-Arabiyah,
di Dimasyq di Majalah al-Majma’ al-Ilmy al-Araby. [33]
Memperhatikan karangan beliau
yang beragam ini membuktikan kepakaran beliau di pelajaran agama secara
keseluruhan.Tiga belas Rajab 1393, hari Ahad merupakan hari berkabung bagi
bangsa Tunis, Islam secara umum. Pada hari ini, tokoh besar Islam ini dipanggil
Rabb al-Alamin.[34]
[1] Ibn Asyûr adalah orang Tunis yang pertama kali digelari dengan
Syaikh al-Islam. Beliau juga orang
Afrikayang pertama kali menafsirkan al-Quran dengan metode tahlili.
Beliau juga orang yang pertama kali menggabungkan dua gelar besaar, Syaikh
al-Islam al-Maliky dan Syaikh al-Jami’ al-A’zham di Tunis.
[2] Muhammad Ibn Sa’ad Ibn Abdullah al-Qarny, al-Imam Muhammad
at-Thahir Ibn Asyûr, wa Manhajuhu fî Taujih al-Qiraat min Khilal Tafsirihi
at-Tharir wa at-Tanwir, (tesis, Umm al-Qurra University, 1427 H) hal. 9
[3] Sebuah kota cantik di pinggir utara dari Kota
Tunisia. Lebih kurang sekitar 20 KM
dari kota Tunisia.
[4] Raiah Jihad Ismail as-Syubky, at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu
al-Balaghiyah fî Dhaui Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr “al-Ma’ani wa al-Badi’”, (tesis, Gaza
Islamic Unoversity, 2009 M), hal. 13
[5] Op.cit.al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa Manahijuhu fî Taujih
al-Qiraat min Khilal Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr . Hal. 10
[6] Ibid. hal. 28
[7] Op.cit. at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah fî Dhaui
Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr “
al-Badi’ wa al-Ma’any”. Hal. 14
[11] Ahmad Jamal ad-Din al-Faqih lahir di Bani Khiyar.
Di antara karya beliau adalah Bulugh al-Adab fî Maasar as-Syaikh az-zahab,
as-Siraj fî Ma’rifati Shahibati at-Taj, tulisan ringkas yang menjelaskan
tentang haadis Mi’raj, dan kitab lainnya.
[12] Op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa Manhajuhu fî
Taujih al-Qiraat min Khilla Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr . Hal. 11
[13] Salim Ibn Umar Bu Hajib
al-Banbaly, dilahirkan pada tahun 1244 H, di Banbalah. Pakar di berbagai
disiplinkeilmuan, seperti sejarah, geografi, bahasa, sastra, dan lainnya.
Meninggal pada tahun 1342 H.
[14] Syaikh Muhammad Shalih
as-Syarif dilahirkan pada tahun 1285 H dan wafat pada tahun 1338 H/1921 M.
[16] Muhammad Ibn Sa’ad Ibn Abdullah al-Qarny,
al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat min
Khilal Tafsîrihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr ( tesis, Universitas Umm al-Quran
Saudi Arabia, 1427 H) hal. 12-14
[17] Beliau adalah Abu Abullah Ibn Usman an-Najjar,
lahir pada tahun 1247 H, seorang dosen Universitas az-Zaituniyah, karya beliau di
antaranya adalah Majmu al-Fatawa, Baghyah al-Musytaq fî Masail al-Istihqaq, Fîqh
Abi Hurairah, dan Tahrir al-Maqal.
[18] As-Syaikh Muhammad an_nakhly salah satu ulama
besar di Universitas az-Zaituniyah, beliau dilahirkan di daerah al-Qirwan pada
tahun 1286 H. beliau juga aktif dalam menulis, di antara karya beliau adalah Risalah
fî al-Fîqh al-Maliky, Risalah fî al-mar’ah al-Muslimah, dan beberapa
otobiografi ulama Tunisia, beliau wafat tahun 1342 H
[21] Muhammad Fadhil Ibn Asyûr, putra Ibn Asyûr ini
lahir pada tahun 1327 H. Putranya ini juga mengajar di Universitas Zaitunah, dia
juga pernah menjadi Qadhi, kemudian menjadi dekan di Fakultas Syariah dan
Ushuluddin. Di antara karangan beliau adalah Tarajum al-A’alam, al-Harakah
al-Adibah wa al-Fîkriyah fî Tunis. Beliau wafat pada tahun 1970 M. Lihat
tesis Muhammad Ibn Sa’id Ibn Abdullah al-Qarny. Hal 15
[25] Ibn Badis banyak majelis keilmuan, yang
diabadikan oleh ‘Ammar at-Thaliby dengan judul Ibn Badis Hayatuhu wa
Atsaruhu.
[34] Lihat Muhammad Ibn Sa’ad hal. 33, lihat juga Raniah Jihad Ismail as-Syubky,
at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balghiyah fî Dhau Tafsîrihi at-Tahrîr wa
at-Tanwîr “al-Ma’ani wa al-Badi’, (tesis, Universitas Islam Gaza, 2009) hal. 20
No comments:
Post a Comment