Friday, April 5, 2019

IBN ‘ASYUR


IBN ‘ASYUR DAN TAFSIR AT-TAHRÎR WA AT-TANWÎR

A.      Nasab dan Keturunannya.
Nama penulis kitab at-Tahrir wa at-Tanwir Ibn Asyûr[1] adalah Muhammad at-Thahir Ibn Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad at-Thahir Ibn Muhammad Ibn Muhammad as-Syazily Ibn Abdul Qadir ibn Muhammad Ibn Asyûr. Dia dilahirkan oleh Fathimah Binti as-Syaikh al-Wazir Muhammad al-Azizi Ibn Muhammad al-Habib Ibn at-Thib Ibn Muhammad Ibn Muhammad Bu Atur. [2]
Keluarga Ibn Asyûr pada asalnya adalah penduduk Andalusia. Muhammad Ibn Asyûr lahir sekitar tahun 1621 M di Kota Sila Maroko. Keturunan Asyur terdiri dari keluarga yang sangat cinta akan keilmuan, mengajarkan ilmu keislaman di masjid-masjid.Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr dilahirkan di Mursi[3] pada tahun 1296 H bertepatan dengan 1879 M di istana kakek dari pihak ibunya as-Syaikh Muhammad al-Aziz bu Atur. [4]
Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr tumbuh di lingkungan akademisi, keluarga yang senang menelaah kitab. Semenjak kecil dia dibimbing oleh sang ayah Muhammad (w. 1920 M), dia juga dibimbing oleh kakeknya dari pihak ibunya al-Wazir al-‘Alim Muhammad al-Aziz Bu Atur (w. 1907). Dia muai menghafal al-Quran sewaktu berumur enam tahun. Dia belajar membaca al-Quran dan memperdengarkan hafalannya kepada as-Syaikh Muhammad al-Khiyary di masjid Abu Hadid al-Mujawir di kota Tunis. Setelah mengkhatamkan hafalannya dia mulai menghafal kumpulan kitab matan, seperti Matan al-Jurumiyah di bidang nahwu, Ibn Ayir fî fîqh al-Maliki, dan kitab lainnya.[5]
Ibn Asyûr tinggal di lingkungan penduduk yang bermazhab maliki. Beliau sendiri di awal belajarnya, sangat aktif mendalami fiqh mazhab Maliki. Setelah dewasanya Ibn Asyûr menjadi seorang mufti umum mazhab Malik pada tahun 1923 H. pada tahun 1932 H, beliau menjadi seorang Syaikh al-Islam mazhab Malikiy. Meskipun demikian Ibn Asyûr bukanlah seorang tokoh mazhab Maliki yang ta’ashub, beliau tetap menilai permasalahan secara objektif dengan merujuk kepada perkataan ulama dan menilai mana di antara perkataan dan argumentasi mereka  yang sesuai dengan dalil, yang sejalan dengan dalil dia kuatkan dan mana yang bertentangan di-naqd meskipun yang dia naqd tersebut bertentangan dengan mazhab Maliky.[6]
Setelah berumur empat belas tahun dia melanjutkan pendidikannya di Universitas az-Zaituniyah. Rentang waktu yang dia habiskan menuntut ilmu di Universitas ini sekitar tujuh tahunan. Di sana ia mempelajari kitab-kitab induk yang dapat membentuk kepribadiannya, di antaranya adalah;
Di bidang Nahwu al-Araby, beliau mempejari kitab Alfîyah Ibn Malik lengkap dengan kitab syarahannya, seperti at-Tahsrih Bimadhmun at-Taudhih karangan Syaikh Khalid al-Azhary, Syarah al-Mukawwadi, dan kitab lainnya.[7]
Di bidang balaghah, dia mengkaji kitab Aqrab al-masalik Ila Mazhab al-Imam Malik karangan ad-Dirdir, syarah Syaikh al-Farisi terhadap kitab al-Mursyid al-Mu’in ‘ala ad-Dharury Min ‘Ulum ad-Din karang Ibn Asyir al-Andaalusy, syarah at-Tawudy atas kitab Tuhfat al-Hikam karangan Ibn Ashim al-Maliky.[8]
Di bidang Ushul fiqh, beliau mentadarusi kitab Syarah al-Hithab ‘ala Waraqaat imam al-Haramain, kitab Tankih al-Fushul karangan Syihab ad-Din al-Qarany, Syarah al-Mahaly ‘ala Jam’u al-Jawami’ karangan as-Subky.[9]
Di bidang mantik, beliau mendalami kitab as-Sullam fî al-Mantiq karangan Abdur Rahman Muhammad as-Shaghir, Tahzib  karangan Sa’d ad-Din at-Taftazany. Di ilmu kalam, beliau mempelajari al-Aqaid an-nafasiah li Umar Ibn Muhammad an-Nasafy. Sedangkan kitab sejarah yang beliau tekuni di Universitas ini adalah kitab as-Syifa karangan al-Qadh ‘Iyadh lengkap dengan syarahnya karya Syihab ad-Din al-Khafaji.[10]
B.     Guru-guru Ibn Asyûr
Keberhasilan seorang pelajar tidak terlepas dari peran seseorang guru. Seorang pendidik yang senantiasa memperhatikan kualitas akademis dan kepribadian muridnya. Memperhatikan segudang kitab yang dikaji  Ibn Asyûr sudah pasti ada sekian pribadi mulia yang mendidiknya, di antaranya adalah;
As-Syaikh Ahmad Badr al-Kafi, kepada beliau dia mempelajari kaidah bahasa Arab dengan menggunakan kitab Syarah khalid al-Azhary. As-Syaikh Ahmad Jamal ad-Din[11], Ibn Asyûr membacakan kepadanya Qatrun an-Nada dalam bidang Nahw, dan kitab ad-Dirdir  dalam bidang fiqh al-Maliki.[12] Syaikh Salim Bu Hajib[13], kepada beliau Ibn Asyûr mempelajari kitab Shahih al-Bukhary dengan syarah al-Qasthalany, dan kitab al-Muwaththa’ dengan syarahan Syaikh az-Zarqany. Syaikh Muhammaad Shalih as-Syarif[14], kepada beliau Ibn Asyûr mengkaji kitab syarah Khalid al-Azhary, Qathrun an-Nada karangan Ibn Hisyam, al-Muwakkidy di bidang nahwu, as-Sullam di bidang mantik, Mukhtashar as-Sa’d ‘ala al-Aqaid an-Nafîsah, at-Tawadi ‘ala At-Tuhfah di bidang fiqh.[15] As-Syaikh Abdul Qadir at-Tamimy, di tangan beliau Ibn Asyûr dididik menjadi seorang pemuda yang mahir mengaji, paham dengan tajwid, dan juga diajari beberapa qiraat, khususnya qiraat riwayat Qalun. As-Syaikh Umar Ibn As-Syaikh, kepada beliau Ibn Asyûr mengkaji tafsir al-Baydhawi. Syaikh Umar Ibn Asyûr, Ibn Asyûr mendatangi beliau untuk mempelajari kitab Lamiyah al-Af’al dan syarahannya, kitab di bidang sharf, Ta’liq ad-Dimamuny ‘ala al-Mughny karangan Ibn Hisyam di bidang Nahw, dan kitab Mukhtashar as-Sa’d di bidang balaghah, dan kitab ad-Durrah di bidang faraidh.[16]
As-Syaikh Muhammad Ibn Usman an-Najjar[17], kepada beliau Ibn Asyûr mempelajari beberapa kitab di antaranya, al-Mukawwidy di bidang nahw, Mukhtasar as-Sa’d di bidang balaghah, al-Mawaqif fî ilmi al-Kalam. As-Syaikh Muhammad an-Nakhly[18], guru Ibn Asyûr yang satu ini juga mengambil andil dalam mendidik Ibn Asyûr mengkaji kitab Qathrun an-Nada, al-Mukawwid ‘ala al-Khilashah, Muqaddimah al-I’rab, Mukhtasar as-Sa’d, Tahzib fî al-Mantiq, Kifayatul at-Thalib ‘ala Risalah Ibn Abi Zaid al-Qiruny. [19]
Masih banyak selain mereka yang telah disebutkan di atas. Untuk menjadi seseorang yang pakar di satu bidang keilmuan ada beberapa kiat yang dapat ditiru dari Ibn Asyûr ini. Masa, beliau mulai menekuni berbagai disiplin keilmuan yang dapat mendukung akademisnya dan juga menghabiskan waktu yang lama. Beliau juga tidak menyukupkan belajar kepada beberapa orang guru saja.
Ibn Asyûr menikah dengan Salilah al-Majd wa as-Syarf putri Naqib al-Asyraf Tunis Muhammad Muhsin. Dari pernikahannya ini, beliau dikaruniai tiga orang putra dan dua orang putri, al-Allamah Muhammad al-Fadhil Ibn Asyûr , as-Said al-Jalil Abdul Malik, dan Zainal Abidin.[20]
C.    Murid-murid Ibn Asyur
Kelebihan yang dimiliki Ibn Asyûr di bidang keilmuan menuntut beliau untuk menyebarkannya kepada para pemuda yang berada di sekitarnya pada waktu itu. Keberkahan umurnya dibuktikan dari pengabdian beliau kepada Universitas yang telah mendidik beliau semenjak dari remajanya. Ibn Asyûr mengajar di Universitas Zaitunah dalam rentang waktu yang cukup panjang, dia juga mengajar di sekolah as-Shadiqah. Di antara murid beliau yang terkenal adalah putra beliau sendiri yang bernama as-Syaikh Muhammad al-Fadhil[21] Ibn Asyûr dan Prof. ‘Abdul Malik Ibn Asyûr.
Abu al-Hasan Ibn Sya’ban, beliau dilahirkan pada tahun 1315 H. pakar di bidang sastra dan sangat lihai dalam merangkai syair. Salah satu kitab yang dia pelajari dari Ibn Asyûr adalah kitab al-Muwaththa’ Imam Malik, beliau wafat tahun 1378 H.[22]
Abdul Hamid as-Syathy,  lahir tahun 1312 H. dia adalah salah satu pakar fiqh di Tunis, beliau menghabiskan sekitar 25 tahun untuk mengajar di Zaitunah. Wafat pada tahun 1363 H. di antara karangan beliau adalah Ruh at-Tarbiyah wa at-Ta’lim dan  Lubab al-Faraidh.[23]
Zainal Abidin Ibn Husain, lahir di Tunis tahun 1317 H. Beliau ini adalah saudara kandung as-Syaikh Muhammad al-Khadr Husain. Beliau juga salah satu alumnus Zaitunah yang di kemudian hari menetap di Dimasyq dan mengajar di sana hingga hari kepulangannya ke hadirat Ilahi pada tahun 1377. Salah satu karya beliau adalah al-Mu’jam fî an-Nahw wa as-sharf dan kitab al-Arba’un al-Midaniyah fî al-Hadis.[24]
Abdul Hamid Ibn Badis. Beliau dilahirkan pada tanggal empat Desember seribu delapan ratus delapan puluh sembilan masehi. Beliau adalah ketua perkumpulan ulama Islam di Jazair semenjak berdirinya organisasi ini, tahun 1931 M hingga penghujung hidup beliau.[25] Beliau wafat pada tahun 1359 H.[26]
Muhammad Ibn Khalifah al-Madani, lahir tahun 1307 H. dia merupakan pakar di bidang tafsir dan fiqh. Wafat pada tahun 1378 H. karangan beliau adalah Tafsîr Surah al-Waqi’ah, Tafsîr surat al-Fatihah, dan kitab  Majmu’at Tafasîr li Ayat Mu’inah.[27]
Nama-nama yang disebutkan di atas merupakan pemuda yang pernah dididik oleh Ibn Asyûr. Nama di atas termasuk ke dalam daftar murid Ibn Asyûr yang berhasil di bidang akademik. Pendidik yang berkualitas akan menghasilkan siswa yang berkualitas, pendidik yang besar akan menghasilkan siswa yang besar juga.
Seperti yang dipaparkan di atas, Ibn Asyûr tidak hanya konsentrasi pada satu bidang keilmuan saja. Selain bahasa, balaghah dan tafsir, Ibn Asyûr juga sangat telaten dalam menghafal hadis. Beliau sempat mendapatkan ijazah dalam meriwayatkan hadis dari gurunya, seperti as-Syaikh Muhammad al-Aziz Bu Atur, dari as-Syaikh Muhammad Ibn al-Khujah, dari as-Syaikh Salim Ibn Hajib , dan ijazah dari as-Syaikh Umar Ibn Ahmad.[28]
D.      Pandangan Ulama Terhadap Ibn Asyûr
Ibn Asyûr seorang tokoh yang sangat berpengaruh di Tunis. Dia tidak hanya mengharumkan almamaternya, yang nantinya tempat beliau mengabdi saja. Kepakaran Ibn Asyur di bidang tafsir telah mengharumkan namanya di dunia Islam. Karya beliau telah tersebar ke seluruh pelosok negeri. Beliau tidak hanya menjadi teladan di masa hidupnya, setelah kepergiannya pun masih meninggalkan kenangan dan warisan yang sangat mulia bagi seluruh umat Islam. di antara ulama yang mengomentari kehidupan Ibn Asyûr adalah;
وقال عنه الشيخ محمد البشير الإبراهيمي " الاستاذ الأكبر الشيخ محمد الطاهر ابن عاشور علم من الأعلام الذين يعدهم التاريخ الحاضر من ذخائره. فهو إمام متبحر في العلوم الإسلامية، تخرجت عليه طبقات ممتازة في التحقيق العلمي. [29]
Muhammad al-Basyîr al-Ibrahîmy berkata tentang Ibn Asyûr; al-Ustadz al-Akbar as-Syaikh Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr adalah seorang pakar yang hidup di masa sekarang. Ilmu keislamannya sangat dalam, melalui tangannya telah lahir generasi-generasi yang kuat keilmuannya.

Syaikh Muhammad al-Basyîr ini memuji as-Syaikh Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr berdasarkan karya beliau yang sangat bermutu. Karya yang bermutu hanya dihasilkan dari sebuah usaha yang sangat maksimal dan dasar keilmuan yang teruji.
وقال عنه الداعية المصلح الشيخ محمد الغزالي هو رجل القرآن وإمام الثقافة الإسلامية المعاصرة، رجل بدأ يتكلم عن اللغة ويتكلم بها أديبا[30]
Syaikh Muhammad al-Ghazali berkata; Ibn Asyûr adalah tokoh al-Quran, Imam Tsaqafah Islamiyah pada masa kini. Memulai berbicara dengan bahasa dan berbicara dengan santun.
As-Syaikh Muhammad al-Ghazali merasa tajub dengan kepribadian Ibn Asyûr. Menurut beliau Ibn Asyûr adalah seorang yang hidup dengan al-Quran, dia Imamnya tsaqafah al-Islamiyah pada masa ini. kepribadiannya yang santun diakui menjadi simbol dari diri Ibn Asyûr. Ungkapan sanjungan juga diungkapkan oleh Prof. Dr. Muhammad Abdul Mun’im Khifaji.
وبحق كان الإمام ابن عاشور من أئمة رجال الدين، وشيوخ الإسلام متمكنا في علوم الشريعة والأدب وفي الأصول والفروع حتى إمام عصره وشيخ دهره، وتصدر جيله وصار مقصد الناس وطالبي الفتيا في حياته[31]
Imam Ibn Asyur termasuk ke dalam golongan para ulama, barisan masyaikh Islam. Ibn Asyur sangat pakar di berbagai ilmu syariat, sastra, ilmu pokok, dan ilmu pendukung. Sehingga dia dinilai cakap mendapat gelar Imam pada masanya dan syaikh di zamannya. Di masa hidupnya, Ibn Asyur telah menjadi pusat tujuan manusia untuk dimintai fatwa .

Pandangan para ulama di atas menunjukkan bentuk apresiasi kepada Ibn Asyûr. Ibn Asyûr tidak hanya dinilai pakar di bidang tafsir, akan tetapi dia menguasai beberapa disiplin keilmuan. Hal ini bukan berarti Ibn Asyur terlepas dari bentuk kritikan dan perbuatan keliru, dan bukan juga kitab tafsir at-Tahrîr wa at-Tanwîr merupakan kitab tafsir terbaik di antara kitab tafsir yang ada. Hanya saja belum ditemukannya referensi yang menyebutkan bentuk kritikan para ulama terhadap kepribadian dan karya Ibn Asyûr.
E.       Karya Ibn Asyûr
Ibn Asyûr seorang tokoh besar Islam yang berasal dari Tunis. Pendidikan yang telah beliau lakoni sedari kecil telah membuahkan hasil di masa tuanya dengan mengajar di Universitas dan sekolah. Bahkan setelah wafatnya, umat muslim yang hidup di belakangnya masih dapat merasakan hidupnya Ibn Asyûr dengan membaca karya beliau di berbagai disiplin keilmuan, seperti tafsir, hadis, bahasa, nahwu, balaghah, sastra, sejarah, pendidikan agama secara umum, dan karangan lainnya. Karya beliau ini mencapai sekitar empat puluh kitab[32], di antaranya;
1.      Karya di bidang ilmu tafsir, Tafsîr at-Tahrîr wa at-Tanwîr.
2.      Karya beliau di bidang hadis, Ta’liqât wa Tahqîq ‘ala hadîs , an-Nazhru al-Fasîh Inda Mudhâyiq al-Anzhar fî al-Jami’ as-Shahîh, kasyfu al-Mughti Min al-Ma’âni wa al-fâzh al-Wâqiah fî al-Muwaththa’
3.      Di bidang fiqh dan Ushul, Ara’ Ijtihâdiyah, al-Amaly ‘ala Mukhtashar Khalîl, Hâsyiyah at-Taudhîh wa at-Tashhîh Limuskykilât Kitâb at-Tanqîh ‘ala Syarh Tanqîh al-Fushul fî al-Ushûl karangan al-Farra’, al-Fatâwa, Qadhâyâ wa Ahkâm Fîqhiyah, Maqâshîd as-Syari’ah al-Islâmiyah.
4.      Karangan beliau di bidang ad-Dirasaat al-Islamiyah, Ushûl at-Taqaddum fî al-Islâm, Ushûl an-Nizhâm al-Ijtima’y fî al-Islâm, alaysa as-Subhu bi Qarîb, at-Ta’lîm al-Araby al-Islamy, Dirâsah Tarikhiyah, wa Ara’ Ishlâhiyah, Tahqîqât wa Anzhâr fî al-Kitâb wa as-Sunnah, Naqd Kitâb al-Islâm wa Ushûl al-hikam karangan Abdul ar-Razzaq.
5.      Di bidang bahasa dan sastra,  Ushul al-Insya’ wa al-Khithâbah, al-Amaly ‘ala Dalâil al-I’jaz li al-Jurjâny, Tahqîq lisyarh al-Qarsy ‘ala Diwân al-Mutanabby, Tahqîq wa Tashhih wa at-Ta’lîq ‘ala Kitâb al-Iqtidhab fî Syarh Adab al-Kitâb Li Ibn as-Said al-Batlusy, Tashhîh wa Ta’lîq ‘ala Kitâb al-Intishâr li Jalinus li Thabb Ibn Zahar, Jam’u wa Syarh Diwân Suhaym Inda Bani al-Hishas, Syarh Diwân al-Himâsah, Gharâib al-Isti’mâl, Mujiz al-Balâghah, al-Wadih fî Musykilât Syi’r al-Mutanabby li Abi al-Qasim al-Ashbahâny.
6.      Peneltian beliau di bidang sejarah dan otobiografi, Tarâjum Ba’di al-A’lam, Qishshah al-Maulud an-Nabawy as-Syarîf, Kitâb Tarikh Arab, Qalâid al-‘aqyân wa Mahâsin al-A’yan li Aby Nashr al-Fath ibn Khaqan . Ibn Asyûr juga sangat aktif menulis di majalah yang diterbitkan di negara berbeda. Di Tunis misalkan tulisannya dimuat dalam majalah an-Bahdhah, az-Zuhrah, al-Wazîr, al-Azhru al-Jadîd, al-Mishbâh, al-Hidâyah al-Islâmiyah. Di Kairo, tulisan-tulisan beliau dimuat dalam majalah Mishbâh as-Syarq, Majalah al-Manâr, al-Hidâyah al-Islâmiyah, Huda al-Islam, ar-Risâlah, Majallah Majma’ al-Lughah al-Arabiyah, di Dimasyq di Majalah al-Majma’ al-Ilmy al-Araby. [33]
Memperhatikan karangan beliau yang beragam ini membuktikan kepakaran beliau di pelajaran agama secara keseluruhan.Tiga belas Rajab 1393, hari Ahad merupakan hari berkabung bagi bangsa Tunis, Islam secara umum. Pada hari ini, tokoh besar Islam ini dipanggil Rabb al-Alamin.[34]


[1] Ibn Asyûr adalah orang Tunis yang pertama kali digelari dengan Syaikh al-Islam. Beliau juga orang  Afrikayang pertama kali menafsirkan al-Quran dengan metode tahlili. Beliau juga orang yang pertama kali menggabungkan dua gelar besaar, Syaikh al-Islam al-Maliky dan Syaikh al-Jami’ al-A’zham di Tunis.
[2] Muhammad Ibn Sa’ad Ibn Abdullah al-Qarny, al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr, wa Manhajuhu fî Taujih al-Qiraat min Khilal Tafsirihi at-Tharir wa at-Tanwir, (tesis, Umm al-Qurra University, 1427 H) hal. 9
[3] Sebuah kota cantik di pinggir utara dari Kota Tunisia. Lebih kurang sekitar 20 KM dari kota Tunisia.
[4] Raiah Jihad Ismail as-Syubky, at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah fî Dhaui Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr  “al-Ma’ani wa al-Badi’”, (tesis, Gaza Islamic Unoversity, 2009 M), hal. 13
[5] Op.cit.al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa Manahijuhu fî Taujih al-Qiraat min Khilal Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr . Hal. 10
[6] Ibid. hal. 28
[7] Op.cit. at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah fî Dhaui Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr  “ al-Badi’ wa al-Ma’any”. Hal. 14
[8] Ibid. at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah,  hal. 14
[9] Ibid. at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah,  hal. 14
[10] Ibid. at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balaghiyah,  hal. 14
[11] Ahmad Jamal ad-Din al-Faqih lahir di Bani Khiyar. Di antara karya beliau adalah Bulugh al-Adab fî Maasar as-Syaikh az-zahab, as-Siraj fî Ma’rifati Shahibati at-Taj, tulisan ringkas yang menjelaskan tentang haadis Mi’raj, dan kitab lainnya.
[12] Op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa Manhajuhu fî Taujih al-Qiraat min Khilla Tafsirihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr . Hal. 11
[13] Salim Ibn Umar Bu Hajib al-Banbaly, dilahirkan pada tahun 1244 H, di Banbalah. Pakar di berbagai disiplinkeilmuan, seperti sejarah, geografi, bahasa, sastra, dan lainnya. Meninggal pada tahun 1342 H.
[14] Syaikh Muhammad Shalih as-Syarif dilahirkan pada tahun 1285 H dan wafat pada tahun 1338 H/1921 M.
[15] Op.cit. hal. 12
[16] Muhammad Ibn Sa’ad Ibn Abdullah al-Qarny, al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat min Khilal Tafsîrihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr ( tesis, Universitas Umm al-Quran Saudi Arabia, 1427 H) hal. 12-14  
[17] Beliau adalah Abu Abullah Ibn Usman an-Najjar, lahir pada tahun 1247 H, seorang dosen Universitas az-Zaituniyah, karya beliau di antaranya adalah Majmu al-Fatawa, Baghyah al-Musytaq fî Masail al-Istihqaq, Fîqh Abi Hurairah, dan Tahrir al-Maqal.
[18] As-Syaikh Muhammad an_nakhly salah satu ulama besar di Universitas az-Zaituniyah, beliau dilahirkan di daerah al-Qirwan pada tahun 1286 H. beliau juga aktif dalam menulis, di antara karya beliau adalah Risalah fî al-Fîqh al-Maliky, Risalah fî al-mar’ah al-Muslimah, dan beberapa otobiografi ulama Tunisia, beliau wafat tahun 1342 H
[19] Op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat hal. 12-14
[20] Op.Cit.  Muhammad Ibn Sa’ad, hal. 33
[21] Muhammad Fadhil Ibn Asyûr, putra Ibn Asyûr ini lahir pada tahun 1327 H. Putranya ini juga mengajar di Universitas Zaitunah, dia juga pernah menjadi Qadhi, kemudian menjadi dekan di Fakultas Syariah dan Ushuluddin. Di antara karangan beliau adalah Tarajum al-A’alam, al-Harakah al-Adibah wa al-Fîkriyah fî Tunis. Beliau wafat pada tahun 1970 M. Lihat tesis Muhammad Ibn Sa’id Ibn Abdullah al-Qarny. Hal  15
[22] Op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat hal. 14
[23] Ibid. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat hal. 14
[24]  Ibid. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat hal. 15
[25] Ibn Badis banyak majelis keilmuan, yang diabadikan oleh ‘Ammar at-Thaliby dengan judul Ibn Badis Hayatuhu wa Atsaruhu.
[26] Ibid. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-Qiraat hal. 15
[27] op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr wa manhajuhu fî Taujih al-QiraatHal 17
[28]  Lihat Muhammad Ibn Sa’ad, hal. 19.
[29] Op.cit. al-Imam Muhammad at-Thahir Ibn Asyûr. Hal. 19
[30] Ibid. Hal 20
[31]  Ibid. Hal 20
[32] Op.Cit. Muhammad Ibn Sa’ad. Hal. 30
[33] Op.Cit. Muhammad Ibn Sa’ad. Hal. 30-33
[34] Lihat Muhammad Ibn Sa’ad hal. 33, lihat juga Raniah Jihad Ismail as-Syubky, at-Thahir Ibn Asyûr wa Juhuduhu al-Balghiyah fî Dhau Tafsîrihi at-Tahrîr wa at-Tanwîr “al-Ma’ani wa al-Badi’,  (tesis, Universitas Islam Gaza, 2009) hal. 20

No comments:

Post a Comment